Friday, February 15, 2008

Pembelajaran Akuntansi dan Kewirausahaan di SMPK 4 BPK PENABUR

Faktor produksi yang terdiri atas sumber daya alam, modal, sumber daya manusia (tenaga kerja) dan kewirausahaan akan menghasilkan manfaat apabila dikelola dan dipergunakan secara terencana dan terorganisir dengan baik.



Faktor produksi yang terdiri atas sumber daya alam, modal, sumber daya manusia (tenaga kerja) dan kewirausahaan akan menghasilkan manfaat apabila dikelola dan dipergunakan secara terencana dan terorganisir dengan baik.
Menurut perkembangannya dari keempat faktor produksi tersebut maka paling penting adalah kewirausahaan (Enterpreneurship). Sumber daya alam dan modal ternyata saat ini tidak menjadi hal yang utama. Beberapa negara yang kurang bahkan tidak memiliki sumber daya alam yang potensialpun ternyata bisa menjadi negara maju misalnya Singapura.
Kemampuan ini dapat diperoleh melalui pendidikan formal maupun pengalaman. Kewirausahaan membutuhkan keahlian (skill), karena kegiatannya mengandung resiko yang besar dan membutuhkan kemampuan mengelola faktor-faktor produksi yang lain dengan efektif dan efisien. Kewirausahaan berlaku baik bagi produksi barang maupun jasa.
Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang pelaku usaha dan profesi karena itu siswa-siswi SMPK 4 BPK PENABUR diberikan pendidikan dan pengetahuan mendasar tentang Kewirausahaan.
Keterampilan ini dikemas dalam pembelajaran Akuntansi dan Kewirausahaan. Diharapkan bahwa setiap siswa dengan cita-cita menjadi apapun siswa tersebut memiliki kemampuan mengelola faktor-faktor yang ada dengan baik dan maksimal.
Berikut keterampilan yang diberikan dalam materi pembelajaran Akuntansi dan Kewirausahaan:
1. Keterampilan komunikasi intern dan ekstern dalam organisasi lisan dan tulisan
2. Keterampilan Administrasi Pembukuan
3. Keterampilan Akuntansi Dasar
4. Keterampilan merencanakan pemasaran barang dan jasa
5. Praktek Pemasaran

1 comment:

Pengasuh said...

Dengan hormat numpang tanya ya bu, "Apakah yang ibu maksud dengan faktor kewirausahaan adalah daya kreasi dalam memberikan nilai tambah pada barang dan jasa sehingga barang dan jasa itu semakin memberikan daya guna atau daya manfaat barang dan jasa itu bagi manusia". Terima kasih.
Wassalam Matwid.